Kamis, 20 November 2014

Tips Bergaul dan Berteman

     
Cara bergaul
 Merupakan suatu kebanggan jika kita bisa memiliki banyak teman. Apalgi jika kita berada di lingkungan baru. Hal yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan adalah teman. Tetapi kita perlu mencari teman yang baik Apalagi seorang sahabat. Ini tips saya agar mudah bergaul

1.       Biasakan untuk Tidak Canggung
Kamu pernah berada di situasi dimana kamu bersama temanmu dan temannya yang tidak kamu kenal, lalu temanmu harus pergi sebentar karena ada keperluan misalnya ke kamar kecil dan sebagainya, dan kamu hanya berdua dengan temannya.  Atau kamu sedang bersama teman sekelasmu yang biasanya kamu jarang berkomunikasi dengannya.Maka biasanya ada momen canggung yang kamu rasakan.
Biasakan berada di situasi ini agar kamu tidak canggung lagi jika bersama orang yang baru kamu kenal. Jangan tinggalkan situasi ini. Kadang orang akan mencari alasan misalnya mau mengambil barang dari ruangan lain untuk meninggalkan situasi ini.
Latih otakmu dengan membuat berbagai bahasan, misalnya bahasan tentang dirinya jika kamu sedikit mengetahui tentang dirinya. Kadang orang menyukai topik jika membahas tentang hal positif dalam kehidupannya.

2.      Jangan Pernah Mengejar Orang
Mungkin kamu merasa ada teman kamu yang kamu inginkan. Kamu akan melakukan hal-hal yang menarik perhatiannya. Saya katakan itu tidak perlu. Cukup jadi diri kamu sendiri maka Insya Allah orang yang memang cocok dengan anda akan datang sendirinya kepada anda. Itulah orang yang pelu anda hargai

3.       Tidak Perlu Menceritakan Hal Positif tentang Diri Anda.
Kadang manusia suka menceritakan kelebihannya. Misalnya dia disukai banyak perempuan, mendapat prestasi di suatu bidang, memiliki bisnis yang sedang maju, dan sebagainya. Jangan lakukan hal itu. Mungkin bagi orang yang suka pada anda tidak akan menjadi masalah, tetapi orang yang sudah tidak menyukai anda akan semakin tidak menyukai anda dan hal itu bisa jadi berbahaya untuk anda.

Ingat,

“Orang yang menyukai anda akan menyukai apa yang anda lakukan walau anda melakukan hal buruk”
“Orang yang membenci anda akan membenci kebaikan apapun yang anda lakukan”

Mengakui itu jauh lebih rendah daripada diakui. Simpan  saja hal-hal positif yang anda miliki. Biarkan orang yang mengetahuinya yang akan menceritakan  kepada orang lain.

4.       Jadi Diri Sendiri.
Anda tidak perlu menjadi orang lain agar banyak disukai orang. Jika ada teman anda yang mengajak anda untuk ngumpul dan melakukan hal yang sedang tidak anda inginkan, anda tidak perlu mengikutinya. Karena berada di situasi itu akan membuat anda merasa bosan dan malah merasa kesepian dibangdingka dengan saat anda sendirian. Dan jika itu terlihat oleh teman anda, yang ada mereka malah tidak ingin mengajak anda lagi dan akan menyakitkan jika anda mengetahui hal itu

5.      Bersikap yang Baik
Kata-kata yang sopan adalah kata yang sangat enak di dengar untuk orang lain. Jangan gunakan kata kasar seperti bodoh dan lainnya. Cukup gunakan kata sindiran seperti “Kamu ini terlalu pintar -__- ”.
Jangan suka membicarakan keburukan orang lain karena mereka akan berpikir bahwa anda akan membicarakan hal yang sama tentang mereka.
Jangan langsung marah jika orang melakukan kesalahan terhadap anda. Ingat, manusia pusatnya kesalahan. Apapun yang terjadi kepada anda memang sudah kehendak Tuhan, manusia hanya menjadi perantara terjadinya hal itu. Tuhan bisa saja membuat hal yang sama terjadi melalui perantara yang lain.

6.      Suka Memberikan Pertolongan
Jika ada temanmu yang sedang membutuhkan pertolongan, jangan segan untuk membantu bahkan menawarkan pertolongan untuknya. Akan menjadi hal yang membuat hati seseorang senang jika ada orang yang bersedia merepotkan diri untuknya

7.      Hargai Orang Lain
Apapun kebaikan yang dilakukan yang diberikan kepada anda meskipun tidak membuahkan hasil, tetap hargai usahanya. Ucapkan tanda terima kasih kepadanya dan balas kebaikannya. Itu akan membuat orang akan senang hati untuk menolong anda. Jika anda sedang berkumpul dengan teman-teman, ajak teman lain yang biasa juga ikut ngumpul bareng atau teman yang dekat dengan anda karena itu membuat mereka merasa diakui sebagai teman. Dan hal yang menyakitkan jika melihat seorang teman bersenang- senang tanpa dirinya


Itu tadi tips dari saya , semoga bermanfaat. Untuk kritik dan saran sangat saya harapkan. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar